Senin, 13 Februari 2012

Risang Guntur Seto Tampil di IECF


Suara Muria
09 Oktober 2011

Risang Guntur Seto Tampil di IECF

BLORA-Kelompok barongan Risang Guntur Seto kembali tampil untuk ke sekian kalinya dalam pagelaran internasional yang akan dilaksanakan di Monumen Serangan Oemoem Yogyakarta, Sabtu (8/10). Kelompok barongan pimpinan Adi Wibowo itu akan memberangkatkan sebanyak 32 yang terdiri atas penari pengrawit.

Adi Wibowo mengutarakan, persiapan untuk tampil di International Etnic Culture Festival (IECF) 2011 cukup mepet. ‘’Kami berlatih dan mempersiapkan untuk pentas ini selama dua minggu,’’ katanya yang didampingi Dewan Penasehat Organisasi (DPO) Keluarga Mahasiswa Blora-Yogyakarta (KAMABA) Joko Priyanto.
Penampilan Risang Guntur Seto ini adalah mewakili Ikatan Keluarga Pemuda Mahasiswa Daerah (IKPMD) Jawa Tengah. ‘’Ini sebuah kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan seni barongan Blora di tingkat internasional.’’
Hal itu tercermin dari tema yang diangkat, yaitu untuk mengangkat etnik dan budaya. ‘’Jadi tidak sekadar pentas di PRPP atau TMII,’’ lanjutnya sembari bercanda.

Kesempatan Emas

Yusuf Aksin Saqo mengemukakan, penampilan kelompok barongan ini juga merupakan kesempatan emas untuk membawa nama Blora di publik yang lebih luas.
‘’Sebagaimana dipesankan Bapak Bupati Djoko Nugroho, pentas di IECF ini untuk mengenalkan seni tradisi khas Blora ke khalayak yang lebih tinggi,’’ ujarnya.
Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho yang turut hadir saat persiapan dan latihan terakhir pada Kamis (6/10) malam, di sekretariat Risang Guntur Seto di Jalan Gunung Wilis 12 A, berpesan agar duta seni Blora yang akan tampil di IECF bisa menampilkan yang terbaik. (H61-40)     
(/)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitterdan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar